Kamis, 02 Februari 2012

TABARRUJ DAN IKHTILAT

Dalam al-Qur’an Allah berfirman (QS al-Ahzab :33) :
“Dan hendaknya kamu menetap dirumahmu dan janganlah kamu menetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias, bertingkah laku seperti orang jahiliyah dahulu”

Dari nash al-Qur’an ini diterangkan bahwa wanita hendaknya berada dalam rumahnya, Jika keluarnya wanita tanpa alasan dan tujuan yang jelas dan bermanfaat maka tidak diperbolehkan. Jadi keluarnya wanita hanya sebatas "keterpaksaan" untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu didalam ayat ini juga dijelaskan bahwa wanita jangan berhias, bertingkah laku seperti orang jahiliyah dahulu, dimana orang jahiliyah dahulu berhias dan bertingkah laku yang hanya menuruti hawa nafsunya tanpa mengikuti aturan dan syariat Islam yang ada dalam al-Qur'an dan hadits. Jadi hukum ikhtilat dan tabarruj yang hanya menuruti pola tingkah laku barat, mengkuti hawa nafsu dan mengundang kemaksiatan maka hukumnya HARAM.

Tabarruj
Tabarruj adalah pamer dengan sengaja terhadap kecantikannya dalam bentuk perhiasaan, menampakkan wajah, pakaian dan ucapannya
Adapun hal-hal yang dilarang untuk muslimah dalam tabarruj yang dikategorikan menuruti orang jahiliyah yaitu :
1. Mencukur rambut
Haditsnya :
“Rasulullah telah melarang seorang wanita untuk mencukur rambut kepalanya” (HR. al-Bazaar)
2. Menggelung rambut disekitar tengkuk
3. Menyambung rambut.
Haditsnya :
“Rasulullah Saw melaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang tukang menyambung rambut (Bukhari dan Muslim).
4. Mencabut bulu mata
5. memanggur dan merenggangkan gigi
6. Membuat tahi lalat
7. Mewarnai kuku dengan cat.
8. Menyemir rambut.
9. Berhias dengan hiasan yang dipaki oleh orang kafir

Tabarruj hukumnya haram dalam agama Islam, karena merupakan sarana perusak moral umat Islam dalam kehidupan keluarga dan bermasyrakat, serta mendatangkan kemurkaan Allah Swt.
Namun pada dasarnya berhias merupakan watak dan sifat wanita, Islam tidak memangkas habis fitrah dan kecendungan wanita. Namun Islam memberikan batasan-batasan kepada mereka termasuk tentang perhiasan bagi mereka
Ajaran Islam memperbolehkan seorang wanita memakai emas dan pakaian sutra. Haditsnya:
“Diharamkan pemakain sutra dan emas bagi orang laki-laki dari umatku dan dihalalkan bagi perempuan (HR. Tirmizi).

Pada permulaan Islam juga Rasulullah Saw ditanya oleh Ummu Ra’lah al-Qusyairiyah tentang berhias kemudian beliau menjawab Beliau bersabda :
“Ya Ummu Ra’lah tatalah rambut mereka dan hiasilah mereka. kalau daya tariknya berkurang” (dalam al-Ishlah jilid IV hal 431.)

Ini jelas memberikan bahwa perbuatan tersebut penting dan berjangka panjang dalam alam wanita, untuk senantiasa mempertahankan daya tariknya. Meski demikian seseorang wanita tidak diperbolehkan memperlihatkan perhiasannya pada laki-laki yang bukan mahromnya, Begitu pula seorang wanita tidak dibenarkan memukul-mukul kaki sehigga menampakkan perhiasannya (niatan pamer).

Ikhtilat
Ikhtilat merupakn suatu keadaan dimana laki-laki bercampur dengan perempuan yang bukan mahromnya, tanpa ada hijab yang menghalangi antar keduanya.
Sebab-sebab ikhtilat
Secara riil kondisi terjadinya ikhtilat disebabkan berbagai faktor :
1. Adanya sistem kapitalis/budaya barat yang telah masuk kepada masyarakat muslim.
2. Warisan penjajah di dunia Islam dengan menumbuhkan budaya barat yang tidak Islami yang akhirnya masyarakat sebagai suatu kewajaran.
3. Adanya gerakan-gerakan feminisme dari barat yang hendak memisahkan wanita-wanita Islam dari tabiat dan fitrahnya.
4. Upaya ghozwul fikri
5. Tidak diberlakukannya ajaran Islam secara utuh dan menyeluruh.
6. Sistem pendidikan yang tidak Islami

Solusi jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ikhtilat ini bisa didekati dengan penyelesaian internal (sikap pribadi) dan eksternal (kehidupan berbangsa, berkelompok, berkeluarga dan individu dikondisikan, diatur dalam naungan Islam)
Solusi Internal.
1. Niat yang baik.
Ditumbuhkan niat yang baik setiap diri muslim dan muslimah dengan landasan Iman dan kebersihan jiwa. Disini seorang muslimah perlu menjaga keikhlasan hati dan kebersihan jiwa agar tidak terimbas oleh arus pergaulan bebas yang penuh dengan godaan shahwat syaitoni.
2. Keluar sebatas hajat
Mengurangi jam terbang atau jam keluar rumah bagi muslimah.
Kalau harus bepergian hindarkan keramaian dan pusat-pusat keramaian. Serta hindarkanlah jam-jam sibuk dimana potensi ikhtilat paling besar terjadi. Seperti menjauh saat-saat banyak orang berbelanja bersama-sama, yaitu dengan menghindari jam-jam sibuk tadi waktunya bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain berupa peningkatan potensi diri dan dakwah Ilallah.
3. Sopan dan santun dalam berbicara.
Berkata-kata yang jelas, tegas dan hikmah serta tidak mengandung unsur ajakan (yang mendayu-dayu) untuk ikhtilat. Serta gunakan pendekatan yang penuh hikmah dalam bermasyarakat dengan lingkungannya.
4. Qodhul bashor
Membiasakan tunduk padang.
5. Zikrullah.
Menjaga suasana hati dalam dzikrullah.
Dzikrullah akan menghindarkan diri dari bisikan-bisikan halus dari syaithon serta lebih mendekatkan diri pada hidayah dan inayahnya.
6. Waspada terhadap dosa.
Meyakini bahwa ikhtilat adalah sebuah kemaksiatan, sehingga senantiasa berhati-hati dan menghindar darinya.
7. Tidak berikhtilat kecuali dalam keadaan yang darurat.
Artinya senantiasa berupaya mengupayakan diri jangan sampai terjadi ikhtilat dengan segala upaya dan pemilihan jalan, temapat yang paling aman. Kalau toh sudah diupayakan secar maksimal ternyata tidak bisa maka yang paling penting adalah memperkecil mudharot ikhtilat yang mungkin timbul.
6. Menutup aurat sesuai dengan ketentuan syariat islam.
Solusi eksternal
merupakan terapi permasalahan secara aplikatif, artinya Islam secara sistematis mengkondisikan pribadi, keluarga, masyarakat akan sistem yang megaturnya dalam naungan nilai-nilai Islam secar integral dalam seluruh aspek kehidupan manusia yaitu dengan diterapkan Islam dalam seluruh aspek yang paling sederhana sekalipun, karena karakter Islam yang kaffah, menurut hasan Al-Banna mencakup dimensi panjang, luas dan sedalam-dalamnya Islam.
Adapun langkah-langkah / pentahapan menuju sisitem Islami adalah dengan :
1. Pendidikan Islami sedini mungkin.
Tarbiyah Islamiyah dilaksanakan sejak manusia masih bayi, atau dalam kandungan. Dengan prosesi yang Islami, tanpa melalui model jahiliyah (pacaran dan sejenisnya). Adapun bagi generasi muslim, sejak dini mungkin ditanamkan nilai-nilai akhlaqiah dan etika pergaulan Islami. Secara gamblang Islam memberikan konsep aplikatifnya dalm al-Qur’an surat an-Nur. Pedidikan yanng dimaksud bukanlah pendidikan secar formal saja tetapi juga mencakup penanaman ruh keislaman kepada anak didik sehingga Islam mengkristal dalam jiwa dan kepribadiannya dan terefleksi dalam amaliyahnya.
2. Pengkondisian diri, keluarga dan lingkungan dan masyarakat Islam..
Dikondisikan lingkungan merupakan hal yang penting untuk mendukung kondusifitas pelaksanaan syari’at Islam.
3. Membudayakan malu dalam masyarakat Islam baik secar individu maupun kelompok..
Ditegakkannya malu dalam masyarakat Islam agar manusia memiliki jati diri dan kepribadian bahwa dirinya adalah manusia. Pembudayaan malu dalam Islam juga diaplikasikan sejak dini, yaitu dengan adanya pemisahan tempat tidur bagi anak-anak, agar tidak terbiasa ikhtilat.
4. Tidak menutup diri / eklusif ditengah masyarakat
Betapapun muslimah masih memberikan tashowwur yang benar dan jelas kepada umatnya.
5. Memasyakatkan hijab dan menghijabi masyarakat.
Gagasan ini perlu terus digulirkan agar masyakat mendapat ketenangan dan ketentraman. Permasyakatan hijab ini juga bermakna dalam yaitu secara lahir untuk menutup aurat dan secara lahiriyah untuk tazkiyatun nafs. Dalam sisi lain adalah makin meningkatnya produktifitas kerja karena manusia trkonsentrasi dalam ibadah, kerja dan da’wah Ilallah.
6. Menerapkan tradisi Islami.
Masyarakat kita pada kenyataan nya lebih dekat dengan tradisi dengan tradisi diluar Islam dan mereka tidak memiliki kebanggaan terhadap Islam. Diantara bentuk tradisi yang banyak ditingalkan adalah kepatuhan salafus shalih untuk menerima Islam dan mengamalkanya dalam keseharian. Masyarakat sekarang terlalu banyak tawar menawar, bahkan banyak yang melecehkan fuqoho dengan menawarkan dekonstruksi syariat. Padahal Islam telah sedemikian jelas tigggal bagaimana menjelaskannya.
7. Mencabut akar kejahiliyahan dan kemaksiatan.
Kemaksiatan adalah sumber malapetaka yang tidak dapat ditolerir lagi harus segera dimusnahkan. Mau tak mau harus segera dilaksanakan dakwah Islam secara terpadu dan terkoordinasi agar Islam kembali jaya. Agar manusia semua menuju jalan Allah menggapai janji dan ridhaNya. Amin.

Tabarruj maupun ikhtilat hukumnya haram dalam agama Islam, karena keduanya merupakan sarana perusak moral umat Islam dalam kehidupan keluarga dan bermasyrakat, serta mendatangkan kemurkaan Allah Swt.

Sesunguhnya perbuatan tabarruj yang tidak proporsional dan ikhtilat merupakan pintu panah syetan yang paling besar untuk menggoda anak adam agar mereka terjerumus dalam kemaksiatan yang lebih besar besar.
Dan perlu kita ketahui Islam tidak sekedar hapalan, ikatan normatif tapi merupakan suatu ajaran yang direalitakan, diaktualisasikan direfleksikan dalam keseharian. Islam bukanlah suatu nilai pembebanan tetapi nilai yang diperlukan karena nilai itu adalah kebutuhan demi keserasian, kebutuhan untuk ketenangan, kebutuhan untuk keberkahan dan kebutuhan kedamaian hidup. Bersiap atau sudahkah kita menyadarinya bahwa :
Ada Damai di Bawah Naungan Islam.

Maka seorang muslim senantiasa menjaga dirinya dari terjerumus akan hal-hal yang akan menodai kehormatannya. Yang mengarahkannya untuk dunia dan akhiratnya.


Renungan akhir : QS al-Ahzab 32 – 34 :

“Hai istri nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita lain. Jika kamu bertakwa maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginan orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik. dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias seperti layaknya orang jahiliyah dahulu dan dirikanlah sholat, tunaikan zakat dan taatilah Allah dan Rasulnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa darimu. hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar